.:: Selamat datang di website Balai Arkeologi Sulawesi Selatan "Bersama kami menemukan peradaban" ::.

Kunjungan Kerja National Library of Australia di Balai Arkeologi Sulawesi Selatan

Selasa, 16 Mei 2017

Administrator

Umum

Dibaca: 914 kali

Makassar - Kunjungan kerja dari National Library of Australia di Canberra, ibu Tieke Atikah merupakan kali pertama di kantor Balai Arkeologi Sulsel. Dalam kunjungan kerjanya, beliau menjadwalkan untuk mendatangi sejumlah kampus dari universitas dan perguruan tinggi serta kantor pemerintahan yang ada di Makassar, termasuk kantor DPRD Kota Makassar dan Kampus Universitas Hasanuddin. Sesuai dengan jadwal beliau, Kunjungan ini rencananya akan dilakukan sejak tanggal 15 sampai 23 Mei 2017 dan menjadikan Balar Sulsel sebagai salah satu prioritas dalam kunjungan kerjanya.

Ibu Tieke (demikian sapaan akrab beliau) adalah Pustakawan Senior sekaligus Manager Overseas Collection Development dan Overseas Collection Management Branch, dari National Library of Australia. Tujuan kunjungan beliau adalah untuk mengumpulkan terbitan-terbitan mengenai Sulawesi Selatan berupa buku, jurnal, majalah, laporan, hasil penelitian dalam format tercetak maupun elektronik. Terbitan yang diperoleh tersebut akan dikirimkan ke National Library of Australia di Canberra untuk menjadi bagian dari koleksi perpustakaan sehingga dapat diakses dan dimanfaatkan oleh para peneliti dari kalangan akademisi, serta masyarakat umum di Australia yang ingin mengenal atau melakukan studi lebih lanjut mengenai Sulawesi Selatan. Hal ini tentunya sejalan dengan visi-misi Balar Sulsel dalam penyebarluasan informasi kearkeologian, sehingga sambutan hangat dan apresiasi yang sangat tinggi diberikan oleh Kepala Balai Arkeologi Sulsel, peneliti serta staff dan pegawai kepada beliau. Dari kunjungan beliau, Balai Arkeologi Sulsul menyerahkan terbitan berupa jurnal dan buku hasil penelitian yang diterbitkan. Selain itu dilakukan pula sesi uji coba pembukaan alamat situs resmi perpustakaan australia (TROVE) dengan alamat http://trove.nla.gov.au dan e-journal WalennaE dengan alamat http://walennae.kemdikbud.go.id/index.php/walennae. 

Tidak dapat dipungkiri, National Library of Australia di Canberra, Australia adalah salah satu Perpustakaan Nasional yang memiliki koleksi mengenai Indonesia yang terbesar dan terbaik di dunia. National Library of Australia memiliki kantor perwakilan di Jakarta yang bertugas mengumpulkan berbagai jenis terbitan di Indonesia sekaligus menjalin kerjasama dengan berbagai lembaga di Indonesia, khususnya lembaga pemerintah. Diharapkan dari kunjungan ini akan terjalin komunikasi yang lebih erat antar lembaga kedua negara serta penyebarluasan informasi kearkeologian yang lebih update (Fakhri dan Syaharuddin). 

 

Berita Terkait

Komentar via Facebook

Kembali ke atas